Cara Membuat Akun Baru Facebook Untuk Pemula

Facebook kamu diblokir atau lupa kata sandi, mungkin kamu pengguna baru? pasti sesekali sempat terkendala bagaimana cara membuat akun facebook. Sebenarnya membuat akun baru itu cukup mudah dan cepat. Apalagi Facebook sampai saat ini menjadi salah satu media sosial yang sangat populer di dunia maupun di indonesia.

Sejak pertama kali muncul tahun 2004, Facebook berhasil menggeser media sosial lainnya yang sempat populer di jamannya. Jejaring sosial media buatan Mark Zuckerberg kini telah memiliki satu milliar lebih pengguna aktif. Bahkan dengan menggunakan media sosial ini kamu bisa terhubung dengan siapa saja dan di mana saja dengan terkoneksi jaringan internet.

Selain itu banyak sekali ragam informasi penting yang bisa di dapat dari Facebook. Seperti berita yang sedang hangat diperbincangkan hingga kejadian-kejadian yang ada di sekitar yang diposting penggunanya atau teman Facebook-mu. Boleh dikatakan peranan media sosial ini sangat berpengaruh bagi kebanyakan orang.

Apalagi di jaman modern seperti sekarang ini, Facebook tak hanya digunakan sebagai sarana berkomunikasi dan membagikan keluh kesah maupun mencari hiburan semata melainkan banyak yang memanfaatkannya untuk berbisnis. Layanan Facebook pun beragam juga bisa kamu dapat secara gratis, seperti membuat Halaman Facebook dan lain sebagainya.

Jika dilihat dari hasil studi poling indonesia, pengguna internet setiap tahunnya mengalami peningkatan yang sangat pesat. Tercatat di tahun 2019 ini pengguna internet lebih dari setengah penduduk indonesia dan kebanyakan memang di dominasi oleh kaum milenial. Sedangkan, jumlah pengguna aktif facebook juga hampir mencapai setengahnya dari pengguna internet.

Meski memang nama Facebook tidak asing didengar telinga karena kepopulerannya. Pasti juga ada beberapa orang yang masih bingung dengan bagaimana mendaftar atau membuat akun baru facebook. Tak sedikit juga orang-orang yang memanfaatkan internet dengan mencari cara buat facebook atau daftar facebook baru.

Nah, bagi kamu pengguna baru atau yang belum tau membuat akun facebook baru. Kali ini mikhayla.id akan membagikan langkah-langkahnya untukmu dengan mudah yang dipahami pemula. Lalu bagaimana cara membuat akun Facebook? simak ulasan berikut ini.

Cara Membuat Akun Baru Facebook Pemula


Untuk mendaftar kamu bisa melalui dua metode, pertama dengan menggunakan smartphone atau dengan menggunakan browser di komputer maupun laptop dan pastikan terhubung dengan jaringan internet.

Note : Sebelum mendaftar pastikan terlebih dahulu kamu memiliki email atau nomor handphone yang aktif.

1.Mendaftar Melalui Smartphone


  1. Download aplikasi Facebook di Google Play maupun App Store (Facebook Lite disarankan bagi smartphone dengan RAM kecil)
  2. Buka aplikasi
  3. Halaman pertama akan menampilkan email or phone dan password (untuk yang sudah memiliki akun) bagi pengguna baru bisa klik baut akun Facebook baru (create new facebook account)
  4. Klik NEXT
  5. Masukkan nama depan pada kolom pertama kemudian nama belakang kolom kedua
  6. Kemudian pilih bulan, tanggal dan tahun lahir
  7. Pilih gender (pria atau wanita)
  8. Ada dua pilihan pendaftaran, menggunakan EMAIL atau NO HP yang aktif
  9. Masukkan kata sandi minimal 6 karakter (kamu bisa membuat kata sandi yang dikombinasikan dengan huruf dan angka)
  10. Klik DAFTAR atau Sign Up
  11. Tunggu balasan dari sistem (sistem akan mengirim kode konfirmasi yang akan di kirim melalui EMAIL atau NO HP yang sebelumnya kamu daftarkan, lihat langkah no 8)
  12. Konfirmasikan kode facebook dan kamu akan masuk ke tahap selanjutnya seperti melengkapi foto profil
  13. Selesai (kamu sudah bisa menggunakan facebook untuk terhubung dengan teman maupun memposting foto dan video)


2.Mendaftar Melalui Browser (Google Crhome, Firefox dll)


  1. Buka website facebook disini
  2. Isi data lengkap pada kolom Daftar di halaman Facebook (Nama depan dan belakang kolom pertama, kemudian kolom kedua masukkan nomor hp atau email, selanjutnya buat kata sandi minimal 6 karakter bisa dikombinasi dengan huruf dan angka, pilih tanggal bulan dan tahun lahir, pilih gender)
  3. Jika dirasa sudah lengkap klik DAFTAR
  4. Langkah selanjutnya kamu akan dialihkan ke laman pertama menemukan teman melalui Gmail atau Yahoo! kamu juga bisa melewatinya jika memang dirasa tidak perlu (optional)
  5. Langkah kedua masuk ke halaman informasi (di halaman ini pengguna baru disarankan untuk mengisi informasi data diri mulai dari tempat tinggal hingga pekerjaan, kamu juga bisa melewatinya kalau tak ingin mengisi informasinya sekarang (disarankan untuk diisi))
  6. Masuk ke langkah terakhir atau ke empat (kamu bisa mengunggah file berupa foto untuk profil di facebook)
  7. Selesai dan kamu sudah bisa bersosial mediaan dengan Facebook


Itulah beebrapa langkah mudah cara membuat akun facebook yang bisa diterapkan atau dipraktekkan. Perlu di ingat, bijaklah ketika bersosial mediaan agar kamu tak terkena masalah nantinya, baik dengan teman maupun hukum. Selamat mencoba dan semoga berhasil.


Mikhayla ID
Mikhayla ID Rekomendasi seputar gadget dan informasi produk teknologi terbaik